Blog

The show is through the metal is gone
It is time to hit the road
Another town Another gig
Again we will explode
Hotel rooms and motorways
Life out here is raw
But we will never stop
We will never quit
cause we are Metallica














Adrenaline starts to flow
You're thrashing all around
Acting like a maniac!





















tengkyu buat rizal atas pinjaman barbie-nya : )
mmmmatahariku










ooooh matahariku
bintang hariku…
belahan dadaku...
halah... belahlah dadaku
ada kamuuuu

kekekekekkkkk
(sori lagi dijepit deadline jadinya gitu...“mendadak puitis” )
Fotografer dan Sekolah

Sekali waktu gw masih kerja di majalah, ada seorang fotografer yang curhat. Dia baru jadi ayah ceritanya. Belum lama. Belum setahun. Tapi curhatnya panjang benerrrr. Padahal seinget gw selama dia nikah dua tahun lalu, dia gak pernah curhat panjang-panjang. Paling ngasih nasihat tentang enaknya kawin. “Bayangin lo pulang kerja gitu, lagi capek-capeknya trus di rumah ada cewek setengah telanjang yang manggil lo pelan trus lo disuruh tengkurep. Abis itu lo dipijit pake....” Secara digantungin gitu kan gw jadi penasaran. “Dipijit pake apa, Bang?” Eeeee dia malah ngeloyor sambil tereak, “Makanya, buruan nikah.” Ngehe.

Tapi malem ini si fotografer lagi serius. Anaknya yang belum setahun itu ternyata bikin dia gembira bukan kepalang sekaligus pusing. “Bayangin aja, sebulan itu anak gw ngabisin sejuta sendiri,” katanya. “Makanya, Bang, pelihara ayam aja, enak ada telornya,” jawab gw sekenanya. “Iya, ya, mending pelihara elo, bisa buat jaga rumah kalo kita lagi gak ada,” timpalnya. Ngehe.

Dua tahun lewat, gw jarang ketemu si fotografer. Kita udah beda kantor ceritanya. Tapi dia masih suka ngirim kabar. Basa-basi, tapi gak pernah ganti. “Kerja di mana lo sekarang? Dah kawin blom lo?” Begituuuuu aja terus saban SMS. Tapi SMS terakhir adalah tentang si otong yang mo disekolahin dan dia lagi pusing nyari side job biar bisa bayar uang pangkal yang katanya setengah juta lebih. Kontan aja langsung gw bales, “Bang, daripada pusing mo nyekolain mahal2 mending kursusin aja di PT Ulisa. Kan mayan kalo dia bisa nyetir, gak kayak bapaknya.” Gak lama dia bales, “Anak gw dah bosen ama mobil, sekarang dia lagi pengen main ama anjing. Lo ke rumah dong.” Ngehe.

Sekarang si otong dah sekolah. Masuk Tumble Tots ceritanya. Preschool yang katanya murah yang seminggu cuman ketemu sekali tapi sebulan bayar Rp 300-an ribu. Si fotografer SMS lagi. “Kalo gak punya gaji gede ama side job tetap, mending jangan kawin dulu deh lo.” Sambil teringat ceritanya gw bales, “Tapi Bang, gw kan udah pengen banget dipijit pake itu kayak abang ama bini abang yang sekel.” Setelah lamaaa banget baru dia bales. “Lo beli aja Bear Brand dua biji trus gelindingin di punggung lo.” Ngehe.

“Oiya, kalo pengen trisam beli dua lagi hahaha.”
SPP

Masih ada yang ingat tata cara pembayaran uang sekolah masa sekolah dulu? SD atau SMP? Pada setiap awal bulan biasanya nyokap gw akan menyelipkan sejumlah uang ke dalam kartu uang sekolah (biasanya kartu itu bisa dilipat dua dan uangnya akan diselipkan di situ) lalu dimasukkan dalam amplop plastik transparan. Setelah itu gw akan membawa kartu tadi ke sekolah dan memberikannya kepada seorang petugas di loket SPP. Waktu SMP sudah agak canggih. Amplop itu hanya perlu dicemplungkan ke dalam salah satu kotak SPP yang sudah dibagi per kelas. Bentuknya adalah lemari besar dengan celah kecil seperti bus surat. Aturannya gampang, masukkan ke celah itu sebelum tanggal 10 setiap awal bulan atau bertemu Om Frater yang bakal nanya macem-macem.

Tapi sekarang zaman sudah berubah saudara-saudara. Para siswa tidak lagi diikutsertakan dalam urusan pembayaran uang sekolah. Kenapa? Bukan cuman karena ada teknologi ATM, melainkan jumlah yang dibayarkan luar biasa besar. Kalau zaman gw dulu SPP SMP cuma Rp 36 ribu, maka sekarang jumlah itu bisa sepuluh kali lipat di sekolah-sekolah swasta ngetop (ehm, SMP gw dulu kayaknya ngetop deh, tapi di Palembang hehehe).

Pengen tahu seberapa mahal? Seorang manajer di kantor gw menyekolahkan anaknya di Al-Azhar. Masih SD sih cuman SPP-nya masaaloh. Sebulan dia harus transfer dari ATM BCA sekitar Rp 300 ribu untuk bayar SPP si otong. Pas si manajer itu bilang gitu, gw langsung ngebayangin berat banget jadi si otong. Wong gw aja yang cuman bayar Rp 36 ribu PR-nya bejibun sampe gak bisa terus-terusan main Nintendo, lhah gimana si otong yang Rp 300 rebu? Kasihan anak itu.

Cerita si manajer nggak cuman sampe di situ. Sambil ngunyah gado-gado depan kantor, dia bilang, “Itu mah masih murah, Vic. Lo tahu berapa SPP di Madania?” Terus terang gw rada kagok mo jawab. Sendok udah keburu mengirim sepaket lontong berbalut bumbu kacang ke dalam mulut. Gw geleng-geleng. “Enam setengah sebulan,” katanya sambil minta tambah krupuk sama si tukang gado-gado. Buset. Bayangin, Rp 650 ribu itu gw udah bisa dapet pembantu serajin Sofyan yang bisa disuruh bersihin kos-kosan plus nyetrika pula!

Emang dapet apa aja sih sampe harus bayar segitu banyak. Manajer itu gak jawab. Dia malah ngasih satu tebakan lagi. “Uang pangkal masuk Madania tahu nggak?” Gw sebenernya udah males nebak, tapi tetep aja nekat, “Rp 10 juta?” “Wah itu mah sekolah anak gw. Di Madania hampir Rp 20 juta,” ujarnya bangga tebakan dia gak kejawab. Bujug dah. Gw langsung ngebayangin tumpukan PR setinggi lemari baju nyokap gw.

Berbekal sedikit pengetahuan dari si manajer tadi, maka seharian itu gw mulai melakukan survei mandiri tentang SPP anak-anak karyawan di kantor gw. Mulai staf administrasi yang doyan ngegosip sampe staf departemen kreatif yang ternyata kebanyakan nikahnya telat. Hasilnya? Ada sedikit fakta menarik lagi tentang SPP, dan gw digosipin udah punya anak ama orang-orang admin.

Tapi usaha gw gak berakhir sia-sia. Lewat studi perpustakaan, terkuak sudah misteri itu. Di majalah Swa ada daftar lengkap SPP sekolah beken dari TK sampe SMA. Sayangnya daftar itu masih berangka tahun 2005. Tapi cukuplah. Kalo pengen tahu berapa biayanya kira-kira saat ini, ya tinggal kaliin aja sama inflasi, suku bunga, pajak bangunan, harga tanah, kenaikan BBM,...

Nah sekarang gw malah jadi penasaran gimana caranya tu anak-anak bisa ngerjain PR segitu banyak dan masih sempet ajeb ajeb di Nu China saban malem?


Saya dan Infotainment

Sekali waktu saya dan beberapa teman pergi meliput sebuah launching produk lengkap bersama para bintang iklan yang menjadi duta produk tersebut. Selewat acara makan-makan dan obrolan singkat seadanya dengan para pemasar produk tersebut, acara launching selesai. Tapi bukan berarti kerja telah selesai. Buat sebagian wartawan yang hadir, itulah saatnya kerja dimulai. Para duta produk yang notabene artis langsung diserbu belasan reporter. Sebagian besar membawa perangkat kamera, microphone, baterai, dan dua handlamp kecil yang ditempel di atas kamera berkaset miniDV, kamera andalan reporter infotainment.

Tapi itu belum membuat saya terkejut. Yang paling heboh adalah topik yang dibicarakan. Jauh sekali melenceng dari kegiatan launching yang baru saja lewat 5 menit silam. Pertanyaan pertama adalah, “Mbak, kabar yang beredar bilang Mbak selingkuh dengan xxx. Apa komentar Mbak?”

PBNU menjatuhkan fatwa haram salah satunya adalah terhadap tayangan kawin-cerai selebritis. Menurut Hasyim Muzadi, Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama, sejumlah infotainment telah melakukan gibah alias bergunjing. Tentang kebebasan pers Hasyim bilang, “Kebebasan itu bebas nilai atau kebebasan harus bernilai?”

Opini majalah Tempo mencontohkan liputan gosip perceraian Dewi Persik dan suaminya, Saiful Jamil, itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan pribadi publik kebanyakan. Bahkan Tempo mempertanyakan kualitas “jurnalisme investigasi” ala wartawan infotainment. Dan yang paling menyebalkan, kata Tempo, “...pembawa acara yang kerap ‘berkhotbah’ di penghujung acara.”

Arswendo Atmowiloto memberi judul karangannya di kolom Tempo dengan kata Idiotainment. “Kalau seorang artis musik nikah lagi atau nikah diam-diam dengan teman istrinya, itu urusannya. Tapi kalau berlanjut saling hujat dengan ayah kandung tentang siapa yang lebih sering kawin, dan siapa yang naksir siapa, pastilah bukan jenis info yang mencerdaskan bangsa,” begitu kata Arswendo.

Seorang pionir tayangan infotainment pernah bilang kepada saya sekali waktu saat saya mampir ke kantornya, “infotainment adalah penjaga nilai-nilai yang ada di masyarakat. Kawin-cerai yang selama ini terjadi di kalangan selebritis tidak pernah diketahui masyarakat sebelum ada infotainment. Tabu untuk dibicarakan tapi sudah biasa dilakukan.” Saat itu saya menganguk-angguk sepakat dengan tujuan “mulia” si pionir tadi bersama infotainment-nya. Setelah itu kami kembali membicarakan tentang tren bergesernya iklan deterjen, sampo, bumbu masak, mi instan, dan pemutih, menjadi iklan produk dengan khalayak sasaran pria dan anak-anak.

Seorang teman bertanya kepada saya setelah lama tidak bertemu selepas SMA. “Kamu jadi wartawan?” Saya mengangguk. “Wartawan apa?” Saya katakan saya menulis di majalah pemasaran. “Ooo kenapa enggak infotainment aja? Kan asyik tuh ketemu artis ha-ha-ha.” Saya cuma ikut-ikutan terkekeh, sambil terus mengingat ucapannya yang terakhir dan membayangkan jika saya harus berburu artis di acara launching produk sambil menodongkan pertanyaan, “Mbak katanya bisa di-booking. Berap... eh... Apa komentar Mbak?”
Seno, Leila, dan Rock & Roll

Seperti halnya rock & roll, Tempo adalah situs tertua tentang selera bacaan saya. Di dalamnya ada The Beatles, The Rolling Stones, dan Elvis Presley. Tapi seperti juga rock & roll, Tempo tidak berhenti sampai di situ. Karena rock & roll bisa mengangkasa karena Zeppelin dan menjadi Queen. Seperti Seno dan Leila.


Membaca dan menulis adalah dua hal yang menurut saya menjadi satu bagian. Saya membaca karena menulis dan saya menulis karena membaca. Mendengar adalah hal yang lain lagi.

Sayang hanya Galih yang waktu itu bisa diajak bersepakat mengenai hal berikut. Tempo adalah galeri kata-kata berikut bengkel artisnya. Seno menjadi favorit Galih, seperti saya yang menjagokan Leila.

Seno itu pelan, runut, tapi berbekas seperti,

Etsa-etsa ini alit tapi cukup menampilkan bayangan seorang “raksasa” yang dengan tekun, dengan gairah eksperimen tinggi, dan kepekaan hati akan hal-hal yang manusiawi, berusaha menangkap kehidupan secara jujur.

(paragraf terakhir Etsa-Etsa Alit Rembrant, Tempo 13 Agustus 2006)

Dan, Leila itu tidak tenang, menyentak-nyentak, dan bernada tinggi,

Film Opera Jawa yang akan membuka Festival Film Yogya Netpac ini adalah film terbaik Garin. Melalui film ini dia mampu menampilkan dinamisme musik dan kekayaan karya seni rupa negeri ini, yang memberikan roh dalam tafsir Garin terhadap kisah luar biasa ini.

(paragraf terakhir Ketika Sita Bertanya tentang Hasrat, Tempo 13 Agustus 2006)

Tulisan ini tidak akan berpanjang-panjang karena seperti biasa memang tidak ada yang terlalu penting untuk Anda, meskipun begitu berarti buat saya. Emosi yang meluap-luap ini hanya karena saya harus bilang saya cinta Led Zeppelin dan Queen, seperti Seno dan Leila. ; )

melancholy blues

















Tidak banyak yang tahu Farrokh Bulsara lahir di Zanzibar pada 5 September 1946. Sebuah koloni bekas jajahan Kerajaan Inggris di Afrika yang melahirkan Freddie Mercury, musisi terbesar yang pernah hidup.

Tidak banyak yang tahu Red Special adalah sebuah gitar yang dibangun Harold dan Brian May pada Agustus 1963. Sebuah gitar yang dibuat sendiri oleh seorang kandidat doktor astronomi bernama lengkap Brian Harold May.

Tidak banyak yang tahu bahwa Deacy Amp adalah amplifier yang dibuat John Richard Deacon pada 1970 untuk menemani Red Special Brian May. Sebuah ampli dengan dukungan baterai 9 volt.

Tidak banyak yang tahu Roger Meddows-Taylor adalah penyanyi yang baik sebaik dia bermain drum. Suara Roger Taylor adalah suara paling tinggi di Bohemian Rhapsody.

Dan, tidak banyak yang tahu selama periode bermusiknya, Queen telah menghasilkan 18 album nomor 1, 17 single nomor 1, dan 8 DVD nomor 1. Guinness Book of World Records menyebut album-album Queen bertengger paling lama (1.422 minggu) di tangga album Inggris dibanding musisi lainnya. Posisi kedua dan ketiga ditempati The Beatles (1.293 minggu) dan Elvis Presley (1.280 minggu).

Tapi, semua orang tahu Rolling Stone, majalah musik besar yang diagung-agungkan William Miller di Almost Famous itu, tidak pernah memasukkan Queen ke dalam daftar 100 artis terbesarnya. Demi tuhan sekarang saya jadi tahu Dr, Dre, NWA, Eminem, dan Tupac Shakur adalah kelanjutan rock & roll. Dan Madonna (yang artikelnya ditulis oleh Britney Spears) juga adalah cucu cicit rock & roll.

The Immortals, edisi khusus The 50th Anniversary of Rock Rolling Stone seharusnya malu terbit tanpa sedikit pun mencetak kata Queen.
Since I’ve Been Loving You

















Heavy metal tidak akan pernah ada tanpa Led Zeppelin.
Kalau pun ada, pasti jelek.

Dave Grohl, Rolling Stone Magazine



14 tahun silam seorang teman meminjamkan saya album Remasters Vol. 2. Sebuah koleksi milik sang kakak yang seharusnya tidak boleh keluar dari kamar. Tapi setelah 2 hari, 1 minggu, 3 bulan, sampai 1 tahun, saya masih belum paham apa yang membuat Rain Song menjadi sangat menarik. Sebuah lagu melodius, pelan, dan meledak-ledak. Bertahun kemudian saya baru mengerti. Itulah heavy metal, tidak melulu distorsi dan volume.

Orang sudah lama tergila-gila kepada Stairway to Heaven ketika saya baru mulai mendengar Tangerine, sebuah balada cinta pendek yang sangat menjiwai era ‘70-an. Sayang zaman sekarang LSD sudah jadi barang langka, seloroh teman saya suatu ketika kami mendengar lagu itu bersama. Masih dengan celana pendek, seragam sekolah. Lagu itu ada dalam Led Zeppelin III, album yang membuat Led Zeppelin menjadi monster rock yang cantik di kepala saya.

Saya masih ingat reaksi pertama saya pada suatu sore, sepulang sekolah dan mendengar album Led Zeppelin III yang baru saja saya beli. Mulut saya menganga, diam, takjub, untuk sebuah Since I’ve Been Loving You. Satu-satunya momen selama 7 menit yang penuh dengan kejutan. Since I’ve Been Loving You bersama melodi Jimmy Page yang membuat menangis dan gembira menjadi satu kata. Dan saya bersungguh-sungguh, tidak sekadar ingin menjadi puitis. Since I’ve Been Loving You yang dalam setiap versi live-nya selalu membuat saya merinding. Seperti ekspresi takzim para penonton yang kebetulan sempat hadir di konser Zeppelin di Madison Square Garden yang kemudian divideokan dan diberi nama The Song Remains The Same. Itulah Since I’ve Been Loving You yang tidak pernah menjadi terlalu ramai atau terlalu sepi oleh tabuhan drum John Bonham. Ah, tersebut John Bonham, musisi besar yang membuat Lars Ulrich harus belajar dan bekerja keras untuk memperdengarkan solo drum secantik Moby Dick.

Tapi Since I’ve Been Loving You sudah jarang diputar sekarang. Tanpa Bonham, Since I’ve Been Loving You akan berbeda. Mudah-mudahan saya salah, seperti kafir yang tidak kuat imannya. Tidak seperti Dave Grohl yang benar-benar percaya, seyakin ucapannya di Rolling Stone.

Saya percaya bahwa Zeppelin akan bermain kembali untuk sekali lagi membuktikan mereka adalah band rock terhebat sepanjang masa. Itu pasti akan terjadi. Mereka akan menemukan pemain drum baru dan saya akan berada di baris paling depan setiap konser mereka.

Dan saya bisa mati sebagai pria bahagia.

Amin.

since i've been loving you

Sebuah catatan buat rujukan entar-entar

Suatu sore seorang teman yang sedang emosi dan setengah putus asa melontarkan kalimat yang lumayan pedas. Situasinya adalah saya membatalkan janji mengikuti sebuah pertemuan bersamanya karena mendadak atasan saya mengajak bicara urusan pekerjaan. Dalam hitung-hitungan lalu lintas Ibu Kota, saya yakin tidak bisa menemui teman saya seusai diskusi dengan si atasan tadi. Itu sebabnya saya batalkan saja janji itu. Dia rupanya tidak terima. Dan dalam konteks tidak sedang bercanda di ponselnya dia bilang, “Kok masih mau-maunya sih disuruh-suruh orang? Emang dibayar berapa sih lo?”

Sebuah kalimat yang rasanya agak menyengat bila diucapkan kepada seorang pegawai upahan. Apalagi dari seorang teman. Sempat terlupakan memang. Tapi akhirnya setelah ditahan-tahan, diendapkan sedikit, dilupakan lagi, sepekan kemudian malah jadi catatan.

Dalam sebuah buku manajemen milik seorang teman di asrama pada masa kuliah dulu, saya masih ingat sebuah artikel tentang perlunya peningkatan status seseorang dari E (employee) menjadi O (owner). Karier tidak akan semata-mata berakhir dengan kenaikan upah, jabatan, dan perubahan warna kartu kredit dari perak ke emas, emas ke platinum, tapi juga keberanian dan pengetahuan untuk merintis usaha sendiri. Faktor lain yang penting tentu adalah kecukupan modal.

Ibu Maxine Clark adalah orang yang telah memiliki pengalaman 30 tahun bekerja di industri ritel. Pada masa pensiunnya ia mengambil keputusan terjun ke bisnis boneka dan mendirikan jaringan ritel Build-a-Bear-Workshop dengan mempertaruhkan US$ 750 ribu (tahun 1997)—sejumlah uang yang seharusnya bisa dipergunakan untuk menghabiskan masa tuanya. Namun, idenya yang cerdas (melibatkan emosi konsumen alih-alih sekadar menjadi penjual boneka) mengantar Ibu Clark menjadi peritel sukses yang beroperasi dengan lebih dari 200 cabang di seluruh dunia. Kisah sukses Ibu Clark sudah dibukukan dengan judul “The Bear Necessities of Business: Building a Company with Heart”. Dalam buku itu dijelaskan bagaimana Ibu Clark membuat konsumen merasakan pengalaman emosional saat memilihkan pakaian ataupun menerima akta kelahiran boneka beruangnya.

Lalu, apakah harus menunggu sepuh dulu baru boleh berkhayal jadi owner? Sesuai dengan syarat tadi, minimal harus ada keberanian dan modal. Sisanya adalah peluang. Bekerja sampai sepuh adalah cara paling logis dan paling aman buat seseorang yang berangkat dari modal nol menjadi seseorang yang bermodal. Tapi sepuh pada umumnya agak lambat membuat perhitungan dan kurang gesit mencari peluang. Lalu, kapan seseorang dapat mengangkat dirinya menjadi owner?

Pertama, tentukan bidang yang ingin Anda geluti. Pelajari taktik dan strategi orang-orang yang ada di bisnis itu. Bila bidang yang ingin Anda geluti sama sekali baru, pelajari kebutuhan pasar dan buat strategi pemasaran atas barang atau jasa yang bakal Anda hasilkan dalam hitungan 5 tahun ke depan tanpa pesaing. Lalu buat lagi strategi pemasaran Anda dalam hitungan 10 tahun ke depan dengan 3 kompetitor. Manfaatkan setiap peluang.
Kedua, siapkan modal. Sebuah rencana bisnis yang matang besar kemungkinan direstui bank ataupun institusi penyedia modal lainnya.

Ketiga, efektifkan iklan dan bauran promosi Anda lainnya. Pertimbangkan pemanfaatan ambient media yang lebih murah ketimbang hanya berpatokan kepada media iklan tradisional.

Keempat, tepati janji seperti janji iklan Anda dan jangan pernah memberi janji yang sama seperti yang diberikan kompetitor Anda. Konsumen pasti memilih diskon 40 persen ketimbang diskon 39 persen, bukan?

Kelima, bila semuanya berjalan sesuai rencana dan Anda berminat meraih sukses seperti Ibu Clark dalam bukunya itu, silakan hubungi saya, Victor, penulis biografi freelance yang bakal membuat dunia pemasaran heboh, seheboh kisah sukses Anda.

Serius amat baca advertorial?
Eh tapi serius neh, inget-inget gw ya kalo udah sukses entar-entar.
Victor, maju seiring langkah sukses Anda.
(Diskon 41 persen untuk 3 pengirim e-mail pertama!)
Intisari Sepeda di Belanda















Setelah seharian baca Intisari, akhirnya gw mengambil kesimpulan bahwa artikel yang paling menarik di Intisari edisi Agustus 2006 ini adalah Ritual Bersepeda di Belanda. Lalu, runner up-nya adalah Dewi Matahari Menanti Bayi Laki-Laki (artikel tentang pusingnya Puteri Masako karena tidak kunjung melahirkan anak laki-laki buat meneruskan kekaisaran Jepang), setelah itu fakta bahwa Mas Seno Gumira ternyata jago foto, dan terungkapnya sebuah kebenaran di kepala gw, bahwa Mas Mayong itu ternyata wartawan Intisari to. Hehehe gw pikir doi wartawan tabloid Bola. Kayaknya dulu gitu deh, sebelum doi menikah sama Nurul Arifin, ya kan? Eh apa yang di Bola itu pacarnya Syaharani ya? Lah trus Puput Novel pacaran sama siapa? Dian Sastro masih ama Abi kan? Eh mosok sih Nana Mirdad itu udah hamil? Waaaa.

Sudahlah. Pokoknya artikel tentang sepeda-sepeda di Belanda itu seru banget. Lumayan inspiratif, menggugah, selama dilakukan di koridor-koridor bikeway (gak ngerti kan? Makanya terusin baca... lho kok maksa? hehehe)

Tersebutlah Pak Ir. Danny Lim si penulis, yang entah kenapa kok bisa jalan-jalan ke Belanda, yang berani-beraninya menyebut Belanda sekarang juga punya julukan Negeri Sepeda yang jauh sekali dari bayangan romantis seperti julukan yang biasa kita kenal... Negeri Kincir Angin... serrrr. (Itung deh yang, “yang”-nya ada berapa)

Pak Danny cerita gini, di negeri yang isinya cuman 16,3 juta orang itu hiduplah 18 juta sepeda yang sama artinya dengan 1.100 sepeda untuk 1.000 orang penduduk. Bayangin dulu tuh...














Luar biasa!

Trus bayangin lagi deh kalo saja bos-bos Wim Cycle baca Intisari. Atau mas-mas di Pasar Rumput juga baca Intisari...

Hehehe. Saingan Belanda cuma Jerman yang punya 900 sepeda untuk 1.000 orang penduduk. Pak Danny juga pamer data yang entah dari mana dia dapet, yang bilang setiap orang di Belanda rata-rata mengayuh sepedanya sejauh 1.019 km setahun.

Jarak bukan masalah kata Pak Danny. Untuk yang jaraknya jauh, kayak Beji-Mangga Dua, misalnya. Orang-orang Belanda itu bakal naik sepeda ke stasiun Depok Baru, trus naik kereta, dan melanjutkan dengan bersepeda ke Mangga Dua dari stasiun BOS di Kota (bukan BEOS seperti kata abang-abang di glodok. BOS: Bataviasche Ooster Spoorweg tsah). Kebanyakan di antara mereka punya dua sepeda atau sepeda lipat yang bisa dibawa di dalam kereta. Makanya seperti foto berikut, pemandangan lautan sepeda sangat jamak ditemui di setiap parkiran gratis di dekat stasiun.
















Pemerintah kota malah membuat jalur khusus untuk pengendara sepeda yang mirip-mirip jalur bus (busway), bedanya yang ini jarang mogok. Yang paling seru adalah kutipan tentang angka kecelakaan di dunia persepedaan Belanda ini. Tercatat 80 persen penyebab kecelakaan bukan karena tabrakan melainkan terjatuh sendiri dari sepeda. 9.200 kecelakaan terjadi pada anak-anak. 7.000 anak jatuh dari sepeda dan sisanya nabrak tiang listrik, nyerempet trotoar, atau nabrak tembok hehehe.

Pak Danny juga cerita saking demennya tu orang-orang Belanda ama sepeda, mereka bahkan punya acara makan bersama pake sepeda. Jadi kalau perlu, untuk acara makan malam bersama, mereka membawa sepeda ke resto-resto favorit... aiiih lucunya. Kebayang tuh kalo jemput pacar pake sepeda hehehe, kayak film Janur Kuning kekekekekkkk... (biar pas, soundtracknya... Sepasang Mata Bola... halah).

Begitulah cerita Pak Danny tentang kehidupan bersepeda di Negeri Sepeda Kincir Angin. Pesan yang bisa dipetik tentu saja tidak ada. Kecuali kalo situ pengen bersepeda menembus asap Metromini, PPD, Bajaj, dan motor 2 tak. Seperti Asbak temen gw yang selalu punya energi berlebih kalo malem-malem pas mo serangan fajar gitu ama bininya cuman dikasih punggung, maka... keesokan paginya doi pun nekat ke kantor naik sepeda dari Tanjung Barat, Pasar Minggu, ke Kelapa Gading. Tapi udah gitu... teteup aja gak mau ngaku. Jawabnya selalu gitu, “Biar sehat, gak kayak lu!” sambil mulai pelan-pelan minta maaf terus cerita kalo dia belakangan ini juga suka ikut-ikutan pusing kayak Puteri Masako. Soalnya, si otong udah merengek-rengek minta adik... halah hehehe.

Kenapa Harus Mainin Lagu Jadul?

(Khusus buat Hilman bacanya gini:
Kenapa Rock in Rabu Kayu Manis Harus Mengangkat Topik Lagu Daur Ulang)














Pertanyaan gak penting yang selalu kepikiran belakangan ini. Entah kenapa gw selalu merasa ada sensasi luar biasa... tsah sensasi... pas nemu lagu asli dari lagu yang biasa gw denger dari band-band favorit gw. Sensasi itu juga muncul, walaupun dengan kadar yang tidak terlalu besar, saat gw denger sebuah lagu lama yang dimainkan musisi masa kini, atau minimal dimainkan dengan gaya masa kini.

Ini contohnya Man... eh teman-teman... Stairway to Heaven Led Zeppelin yang sangat berasa jadi up to date setelah dimainin White Skull, Sabra Cadabra Black Sabbath yang jadi ciamik setelah dipoles Metallica, Funeral for a Friend (Love Lies Bleeding) Elton John yang jadi cuaaantik tenan oleh Dream Theater, Hair of the Dog Nazareth atau Simpathy for the Devil The Rolling Stones oleh Guns N’ Roses, dan Under Pressure Queen oleh The Used & My Chemical Romance.

Kembali ke urusan sensasi. Pernah denger Girl from Ipanema? Atau Little Wing-nya Jimi Hendrix yang dimainin Eric Clapton, Skid Row, atau The Corrs? Atau Knockin on Heavens Door Bob Dylan yang udah dimainin musisi-musisi beken seperti Bob Marley, Guns N’ Roses, Eric Clapton, sampe Sheryl Crow. Gila, walaupun rada panjang ceritanya kalo harus dibuktikan di sini, setidaknya gw yakin pernah denger lagu-lagu itu dari lima musisi beken yang berbeda. Dari yang maininnya pake penyanyi sampe yang cuman bermodal instrumen doang juga ada.


Apa lagu-lagu itu cukup sulit dimainkan? Gw rasa lagu itu tidaklah sesulit dan sepenting komposisi Franz Liszt yang dimainkan Christiaan Kuyvenhoven asal Belanda ketika berhasil duduk di posisi ketiga kompetisi 7th International Franz Liszt di Utrecht tempo hari (si Christiaan ini bikin bangga Belanda lho). Menurut Pak Agung Setyahadi yang bikin berita, lagu itu memang sangat sulit sehingga setiap kontestan harus mengikuti masterclass sebelum ikut lomba. “Saya sendiri latihan 8 jam dalam sehari dan mengikuti berbagai kontes untuk mempersiapkan diri mengikuti kompetisi ini,” kata Christiaan di Kompas hari Selasa kemaren. Jelas Girl from Ipanema, Little Wing, atau Knockin on Heavens Door tidaklah sesulit komposisi Pak Franz. Setidaknya pendengar musik pop tidak menuntut kesempurnaan teknik seperti halnya musik klasik. Namanya juga musik pop. Lalu apa sih untungnya memainkan lagu itu?

Ada dua tesis, plus satu tesis cadangan, dan beberapa pertanyaan yang kepikiran di malam dingin tanpa kopi hangat ini. Pertama, lagu lama asal ngetop bisa menaikkan citra penyanyi baru atau penyanyi lama dan tidak ngetop. Misalnya, siapa sih yang kenal Chantal Kreviazuk sebelum nyanyiin lagu Livin on a Jet Plane-nya John Denver? Atau Cake sebelum I Will Survive-nya Gloria Gaynor? Ya kan? Ya kan? Ya gak sih?


Atau ini deh, AZ Yet sebelum nyanyiin lagu Hard To Me To Say I’m Sorry-nya Chicago? Whitney Houston aja jadi beken surbeken karena I Will Always Love You-nya Dolly Parton. Atau lagi, di dalam negeri, siapa sih yang kenal Ello sebelum dia nyanyiin lagu Pergi Untuk Kembali? Atau Junior sebelum nyanyi ulang lagu-lagu bokapnya?
Hayo Faith No More hitsnya apa hayoooo. Yang bisa jawab selain Easy-nya Lionel Richie dan I Started A Joke-nya Bee Gees ngacung!


















Tesis kedua, artis yang keburu beken pengen bernostalgia dengan lagu-lagu jagoan semasa kecilnya dulu. Ini persis seperti yang dilakukan Guns N’ Roses dan Metallica yang akhirnya merilis album yang isinya lagu orang semua. Malah Metallica bikin dobel album Garage Inc., yang isinya lagu-lagu yang biasa mereka mainkan di sesi latihan di garasi orang tua Mas James Hetfield. Yang lebih ngaco lagi, atau udah bener-bener dibutakan oleh cinta, Dream Theater malah pernah manggung dan menyanyikan satu album full tembang-tembang garang dalam album Master of Puppets buah karya Metallica. Aksi panggung itu dikumpulin lalu dibuat satu album. Album itu diedarkan terbatas dan hanya orang-orang tertentu yang punya MP3-nya komplet...(sambil naik2in alis sendiri hehehe).

Sebenernya ada satu tesis lagi cuman entah kenapa rasa-rasanya kurang sreg aja kalo harus dijejerkan dengan dua tesis sebelumnya. Tesis terakhir ini adalah lagu lama sangat menguntungkan label rekaman apabila dimainkan oleh band-band kelas menengah yang kurang ngetop. Bisa win-win solution sih. Cuman inisiatif besar kemungkinan datang dari label. Setelah ada itung2an bisnis, muncullah album kompilasi itu. Atau bisa juga inisiatif dari dari pihak lain, seperti iTunes yang memasang My Chemical Romance dan The Used untuk memainkan lagu lama ciptaan Queen dan David Bowie yakni Under Pressure. Walhasil, muncullah Under Pressure bergaya punk masa kini.

Lalu gimana ceritanya dengan Paul Anka yang dengan gaya flamboyan, hangat, dan ngangenin... halah... iseng mainin lagu-lagu rock dengan irama swing? Atau, gimana dengan Beatallica yang mengaransemen (baca: mencampur-aduk) lagu Beatles sekaligus Metallica jadi satu lagu? Gw pikir perlu diadakan seminar gak penting di Kayu Manis yang khusus membicarakan hal ini. Sementara itu marilah kita dengarkan Mas Sid Vicious yang rocker itu melantunkan
My Way yang swing itu dengan gaya punk....hmmm mungkin ini motif Pak Paul Anka bikin album rock swing... balas dendam!
yg gak ada di new york, paris, dan milan :)

selain hijau dan kuning, warna lain dilarang masuk!


eh muke tembok!
sori, ceritanya lagi ikut2an kebawa esmosi ama pembajak blog hehehe

benalu...benalu... tidak punya maluuuu...


sebenernya gak ada bagus2nya ni gambar.
cuman entah kenapa gw masih suka norak aja kalo ngeliat jalan layang hehehe.
teman-teman... inilah perempatan tomang dan terusan tendean.... (tuuu kan norak)

siapa hayooo yg bilang ide gang djoko, acong, ama sitorus itu orisinal?

(btw kalo pak peng koen auw jong gak berkongsi ama pak jakob, mungkin galih masih kerja di star weekly hehehe)


jakarta siang-siang





(di mata sopir patas 48)

(di mata sopir ppd 54)

"indonesia is a beautiful city"
(miss communication)















1.

Amanda: “Setiap pagi adalah anugerah. Tidakkah juga kau rasakan demikian?”

“Selesai,” jeritku dalam hati seraya menutup berkas-berkas laporan dan mengaturnya di lemari arsip. Aku menyandarkan punggungku di kursi sambil mengembuskan napas panjang. Fiuuuh.... Arlojiku menunjuk pukul tujuh lebih lima belas menit. Itu artinya aku masih punya waktu setidak-tidaknya satu jam lagi.

Aku melihat ke luar kamar kerjaku. Tinggal bangku-bangku kosong dalam bilik-bilik bisu. Tidak ada orang, pegawai, atau apa pun yang bisa bergerak sendiri. Semua diam. Hanya pendingin ruangan yang masih menderu-deru.

Kuraih rokok Eropaku dan kunyalakan. Asapnya berputar-putar di atas kepalaku. Tipis, lembut, dan tidak berbayang. Kuisap sekali lagi dan bara api itu mulai merayapi sigaret langsing yang terimpit di ketiak jemariku. Kuembus perlahan dan kejadian tadi terulang lagi. Asap tipis itu mulai merangkak, berguling, lantas diam dan menggantung di udara.

Sekali lagi aku melirik arloji mungilku sekadar memastikan aku tidak akan terlalu lama menunggunya. Jarum panjang emas baru bergerak tiga titik dari tadi. Kulihat lagi berkas-berkas itu. Kuamati, kuteliti hingga aku benar-benar yakin tidak ada lagi pekerjaan yang harus kulakukan hingga minggu depan.

Kubuka tas tangan di sisiku dan mengambil sepucuk surat yang berisi permohonan cuti. “Satu minggu, terhitung mulai Senin...,” begitu bunyi surat yang telah ditandatangani sang kepala divisi. Kulipat surat itu dan kusimpan baik-baik di dalam tas tanganku.

Aku baru hendak mengancingkan tas itu ketika mataku tertumbuk pada sampul berwarna biru cerah yang terbungkus plastik tipis transparan. Dua buah inisial berbalut pita emas di muka surat itu. Yang pertama adalah inisialku dan yang satunya adalah inisialnya. Sungguh ajaib rasanya ketika untuk pertama kalinya aku memandang dan benar-benar menatap surat undangan itu. Memang aku yang mendesainnya dan meilihkan warna itu. Tapi baru kali ini aku benar-benar menatapnya. Sudah puluhan kali aku menerima undangan seperti ini. Namun, sungguh berbeda jika undangan itu berasal dariku.

Dalam hati aku bertanya-tanya, apa kata orang-orang yang menerima undangan ini. Ada 300 orang yang tercantum dalam daftar undanganku. Mereka adalah kerabat dan teman-teman dekatku. Aku tersenyum saat membayangkan Linda yang sudah pasti membongkar isi lemari pakaiannya atau bahkan memesan gaun malam di butik kenalannya untuk menghadiri resepsi pernikahan ini. Atau, Evelyn yang pasti akan menanyakan katering mana yang rencananya akan kupakai untuk pesta itu, sambil, seperti biasa, malu-malu menawarkan jasa katering miliknya. Ha-ha-ha, Evelyn, tentu saja kateringmu yang akan kupakai sayang. Lidahku sudah terbiasa dengan masakanmu, dan aku sudah kenal kamu sejak SMA.

Tapi bukan itu yang selalu membebeni pikiranku. Tentu akan lain ceritanya kalau Ibu menerima undangan ini di tangannya. Entah apa jadinya, aku sama sekali tidak bisa membayangkannya. Ia pasti akan langsung....


(Ponselku berkedap-kedip)
Aku tak mengenal nomor itu, tapi, “Halo?”
Tidak ada jawaban.
“Halo?” ucapku sekali lagi.
“Halo...halo!” suara seorang lelaki menyahut dari seberang sana. Jauh sekali rasanya.
“Ya, halo. Maaf, siapa, ya?” tanyaku tak sabar.
“Maaf, dengan Ibu Amanda?”
“Ya, saya sendiri. Dengan siapa, ya? Suara Anda kurang jelas.”
“Maaf, dengan Ibu Amanda, putri Ibu Hendro?
“Ya, betul, saya sendiri. Siapa, ya?”
“Saya Rusdi, Bu. Saya putra Pak Juwono, tetangga Ibu Hendro,” ujar suara lelaki muda itu lebih kencang.
“Ah, ya, ada apa Mas Rusdi?”
“Maaf, Bu, Ibu Hendro meninggal dunia tadi sore.”


***
buat yang masih bingung nyari tanah, berikut beberapa pilihan yang tersedia.
gosip yang beredar adalah harganya bakal melonjak sampai tiga tahun ke depan

(bocorannya ada di kompas hari ini)