Blog

SPP

Masih ada yang ingat tata cara pembayaran uang sekolah masa sekolah dulu? SD atau SMP? Pada setiap awal bulan biasanya nyokap gw akan menyelipkan sejumlah uang ke dalam kartu uang sekolah (biasanya kartu itu bisa dilipat dua dan uangnya akan diselipkan di situ) lalu dimasukkan dalam amplop plastik transparan. Setelah itu gw akan membawa kartu tadi ke sekolah dan memberikannya kepada seorang petugas di loket SPP. Waktu SMP sudah agak canggih. Amplop itu hanya perlu dicemplungkan ke dalam salah satu kotak SPP yang sudah dibagi per kelas. Bentuknya adalah lemari besar dengan celah kecil seperti bus surat. Aturannya gampang, masukkan ke celah itu sebelum tanggal 10 setiap awal bulan atau bertemu Om Frater yang bakal nanya macem-macem.

Tapi sekarang zaman sudah berubah saudara-saudara. Para siswa tidak lagi diikutsertakan dalam urusan pembayaran uang sekolah. Kenapa? Bukan cuman karena ada teknologi ATM, melainkan jumlah yang dibayarkan luar biasa besar. Kalau zaman gw dulu SPP SMP cuma Rp 36 ribu, maka sekarang jumlah itu bisa sepuluh kali lipat di sekolah-sekolah swasta ngetop (ehm, SMP gw dulu kayaknya ngetop deh, tapi di Palembang hehehe).

Pengen tahu seberapa mahal? Seorang manajer di kantor gw menyekolahkan anaknya di Al-Azhar. Masih SD sih cuman SPP-nya masaaloh. Sebulan dia harus transfer dari ATM BCA sekitar Rp 300 ribu untuk bayar SPP si otong. Pas si manajer itu bilang gitu, gw langsung ngebayangin berat banget jadi si otong. Wong gw aja yang cuman bayar Rp 36 ribu PR-nya bejibun sampe gak bisa terus-terusan main Nintendo, lhah gimana si otong yang Rp 300 rebu? Kasihan anak itu.

Cerita si manajer nggak cuman sampe di situ. Sambil ngunyah gado-gado depan kantor, dia bilang, “Itu mah masih murah, Vic. Lo tahu berapa SPP di Madania?” Terus terang gw rada kagok mo jawab. Sendok udah keburu mengirim sepaket lontong berbalut bumbu kacang ke dalam mulut. Gw geleng-geleng. “Enam setengah sebulan,” katanya sambil minta tambah krupuk sama si tukang gado-gado. Buset. Bayangin, Rp 650 ribu itu gw udah bisa dapet pembantu serajin Sofyan yang bisa disuruh bersihin kos-kosan plus nyetrika pula!

Emang dapet apa aja sih sampe harus bayar segitu banyak. Manajer itu gak jawab. Dia malah ngasih satu tebakan lagi. “Uang pangkal masuk Madania tahu nggak?” Gw sebenernya udah males nebak, tapi tetep aja nekat, “Rp 10 juta?” “Wah itu mah sekolah anak gw. Di Madania hampir Rp 20 juta,” ujarnya bangga tebakan dia gak kejawab. Bujug dah. Gw langsung ngebayangin tumpukan PR setinggi lemari baju nyokap gw.

Berbekal sedikit pengetahuan dari si manajer tadi, maka seharian itu gw mulai melakukan survei mandiri tentang SPP anak-anak karyawan di kantor gw. Mulai staf administrasi yang doyan ngegosip sampe staf departemen kreatif yang ternyata kebanyakan nikahnya telat. Hasilnya? Ada sedikit fakta menarik lagi tentang SPP, dan gw digosipin udah punya anak ama orang-orang admin.

Tapi usaha gw gak berakhir sia-sia. Lewat studi perpustakaan, terkuak sudah misteri itu. Di majalah Swa ada daftar lengkap SPP sekolah beken dari TK sampe SMA. Sayangnya daftar itu masih berangka tahun 2005. Tapi cukuplah. Kalo pengen tahu berapa biayanya kira-kira saat ini, ya tinggal kaliin aja sama inflasi, suku bunga, pajak bangunan, harga tanah, kenaikan BBM,...

Nah sekarang gw malah jadi penasaran gimana caranya tu anak-anak bisa ngerjain PR segitu banyak dan masih sempet ajeb ajeb di Nu China saban malem?


No comments: