Blog

Fotografer dan Sekolah

Sekali waktu gw masih kerja di majalah, ada seorang fotografer yang curhat. Dia baru jadi ayah ceritanya. Belum lama. Belum setahun. Tapi curhatnya panjang benerrrr. Padahal seinget gw selama dia nikah dua tahun lalu, dia gak pernah curhat panjang-panjang. Paling ngasih nasihat tentang enaknya kawin. “Bayangin lo pulang kerja gitu, lagi capek-capeknya trus di rumah ada cewek setengah telanjang yang manggil lo pelan trus lo disuruh tengkurep. Abis itu lo dipijit pake....” Secara digantungin gitu kan gw jadi penasaran. “Dipijit pake apa, Bang?” Eeeee dia malah ngeloyor sambil tereak, “Makanya, buruan nikah.” Ngehe.

Tapi malem ini si fotografer lagi serius. Anaknya yang belum setahun itu ternyata bikin dia gembira bukan kepalang sekaligus pusing. “Bayangin aja, sebulan itu anak gw ngabisin sejuta sendiri,” katanya. “Makanya, Bang, pelihara ayam aja, enak ada telornya,” jawab gw sekenanya. “Iya, ya, mending pelihara elo, bisa buat jaga rumah kalo kita lagi gak ada,” timpalnya. Ngehe.

Dua tahun lewat, gw jarang ketemu si fotografer. Kita udah beda kantor ceritanya. Tapi dia masih suka ngirim kabar. Basa-basi, tapi gak pernah ganti. “Kerja di mana lo sekarang? Dah kawin blom lo?” Begituuuuu aja terus saban SMS. Tapi SMS terakhir adalah tentang si otong yang mo disekolahin dan dia lagi pusing nyari side job biar bisa bayar uang pangkal yang katanya setengah juta lebih. Kontan aja langsung gw bales, “Bang, daripada pusing mo nyekolain mahal2 mending kursusin aja di PT Ulisa. Kan mayan kalo dia bisa nyetir, gak kayak bapaknya.” Gak lama dia bales, “Anak gw dah bosen ama mobil, sekarang dia lagi pengen main ama anjing. Lo ke rumah dong.” Ngehe.

Sekarang si otong dah sekolah. Masuk Tumble Tots ceritanya. Preschool yang katanya murah yang seminggu cuman ketemu sekali tapi sebulan bayar Rp 300-an ribu. Si fotografer SMS lagi. “Kalo gak punya gaji gede ama side job tetap, mending jangan kawin dulu deh lo.” Sambil teringat ceritanya gw bales, “Tapi Bang, gw kan udah pengen banget dipijit pake itu kayak abang ama bini abang yang sekel.” Setelah lamaaa banget baru dia bales. “Lo beli aja Bear Brand dua biji trus gelindingin di punggung lo.” Ngehe.

“Oiya, kalo pengen trisam beli dua lagi hahaha.”

No comments: