Blog

Musik Pas SMP

Kalau dipikir-pikir, gila ya dulu itu. Mo dengerin lagu aja susah bener. Beli kaset mahal benerrrr. Bayangin aja satu kaset Rp 7 ribu. Waktu itu mah mahal jek. Bahkan... ni ceritanya demi melengkapi koleksi Guns N’ Roses... gw harus mengorbankan Rp 5 ribu untuk album soundtrack Terminator II yang isinya buset dah cuma dua lagu! Sisi A Civil War dan sisi B You Could Be Mine. Sekarang tauk tu kaset di mana. Padahal duit lima rebu perak itu sama dengan jajan dua hari di kantin. Bisa tiga kali malah kalo gak beli es cincau dua gelas tiap hari.

Ada sih cara yang lebih murah. Rada-rada mirip ama tema dekade ini, pembajakan! Pinjam dan gandakan. Cuman teteup aja mahal. Soalnya kan harus punya tape double deck yang bisa memutar dan merekam sekaligus. Pada saat itu yang paling populer adalah kompo merek lokal yakni Polytron tipenya gak tau. Pokoknya kalo lo beli antena parabola dapat kompo itu gratis. Kalo gak salah parabolanya pun minimal yang di atas 20 ft. Nah daripada mesti beli parabola yang jauh-jauh lebih mahal untuk dapetin tu kompo gratis, akhirnya gw memohon kedua org tua tercinta biar dibeliin tape dengan merek yang sama tapi rada gedean. Gak inget juga tipenya, tapi tape itu sudah menemani gw selama lebih dari 10 tahun. Baru aja gw warisin ke orang pas pindah kos kemaren hehehe.

Kembali ke masalah bajak-membajak tempo dulu. Nah sekarang sudah punya tape. Trus udah? Beluuuum, kan harus punya kaset kosong buat ngerekam. Untuk sebuah kaset kosong sepanjang 60 menit dibutuhkan pengorbanan sebesar Rp 3.500. Nah yang pengen rada panjangan bisa memilih kaset berdurasi 90 menit yang harganya Rp 5 ribu. Merek favorit gw adalah Maxwell. Gak ada penjelasan ilmiah, cuman temen-temen gw banyakan pake itu.

Sebenernya sih ada cara yang lebih murah. Murah banget. Cuman mental lo mesti baja murni. Kalo beraninya masih setengah-setengah mending jangan deh. Jadi gini caranya. Tapi harus janji dulu... jangan bilang siapa-siapa. Gini, malem-malem gitu kalo semuanya udah pada tidur lo pergi deh ke rak kaset. Naa trus secepat kilat lo sikat deh koleksi kaset bokap lo. Satu-satu aja dulu. Ilmu ini juga sebenarnya lebih baik dipakai pas lo dalam keadaan kefefet. Darurat gitu. Cuman sebelumnya lo mesti riset dulu. Kaset itu sering didengerin ama doi gak. Soalnya kalo salah sikat.... wah mending buru-buru urus paspor deh hehehe.


















Kembali ke gaya misionaris... tak lama setelah demam kaset kosong melanda mulailah bermunculan teknologi baru di dunia kaset kosong. Istilahnya sih rada-rada gahar. Metal head....anjriiiiit. Hehehe secara yang direkam Metallica, Iron Maiden, Skid Row, dan keluarganya, tentu... saya pilih Metal head. Metal head kaset kosong impianku! Yeaaaah! Rada mahal sih, 60 menitnya di atas Rp 5 ribu. Tapi ya secara tadi itu, ya diusahakanlah. Namanya juga anak metal. Meskipun sampe sekarang gw tetep gak ngerti bedanya. Apakah lebi bagus atau lebi awet? Hanya si penjual yang tahu. Bisa aja tu engkoh toko kaset nempelin macem-macem.

Sebenarnya apa sih yang menarik dari aksi bajak-membajak dengan tangan kosong... halah... kaset kosong? Wah ini pertanyaan bagus. Pertama, kita gak perlu beli album yang gak semua lagunya kita suka, betuuuuuul? Kedua, untuk bikin cadangan kalau-kalau si kaset asli yang koleksian itu ngadat. Atau, kan paling nyebelin tuh kalo tombol playnya mulai suka jepret sendiri pas diputer, betuuuuuul? Kan mahal kalo harus beli lagi. Hemat Rp 2 ribu perak itu lumayan lho. Kalo main Street Fighter, Street Fighter... ada yang inget? Itu lho video game sewa itu. Ding dong? Seratus perak sekali maen? Haloooo? Naaa itu deh. Wah dengan seceng aja gw bisa maen 2 jam hehehe. Oiya alasan ketiga tentunya adalah kita dengan mudah bisa ngerekam lagu-lagu yang diputar di radio, betuuuuuul? Jangan betul betul dulu. Denger dulu ni ceritanya.

Satu masalah yang acap timbul kala merekam lagu di radio adalah, kita tidak tahu persis kapan harus mencet tombol record. Soalnya para penyiar radio itu gak pernah kasi aba-aba satu-dua-tiga gitu. Suka-suka dia aja. Dan ngehenya lagi.... ni ini yang paling ngehe neh... catet... di bagian akhir lagu itu gw sering banget kecolongan suara si penyiar. Napsuan amat sih orang-orang radio itu. Tunggu lagunya kelar kek baru ngomong. Kan gak asik banget kalo pas gubrak-gubrak drum gitu tiba-tiba ada suara tanpa dosa, “Yaaaa lepas 20 menit dari pukul 5 sore... Dyers Eve dari Metallica berlalu dari...” Ngehe. Mengurangi perasaan khidmat pas dengerin, tau gak sih. Untung gw gak punya kenalan orang radio, kalo ada kan gak enak. Ehm, gak ada kan?

Nah karena gw sudah punya tape double deck dan punya koleksi kaset mayan banyak, maka berdatanganlah rekan-rekan sesekolahan dan para tetangga yang budiman untuk turut meramaikan jagat rekam-merekam. Gw pun tak kalah semangatnya. Ada satu kaset yang isinya lagu keras semua. Ada yang khusus slow rock. Ada pula yang love song. Nah genre yang disebut terakhir itu biasanya diumpetin. Agak gengsi juga to kalo ketauan doyan denger Shoulder to Cry On-nya Tommy Page atau siapa itu namanya, aduuuuh lupa, pokoknya yang lagunya itu lho... Beautiful Girl hehehe. Biutifel geeeeel werever yuaaaaaaaar....Wah jangan sampe ketauan deh. Kan dah dibilang.... anak metal hehehe. Yang pasti sih gw gak denger NKOTB. Sumpah mati enggak. Ih amit-amit (ketok2 boneka kayu di atas monitor tiga kali). Apalagi yang lagunya tonite...jeng jeng jeng tonite... halah. Ada knight bersaudara joget, jordan ama jonathan aduuuuuuuuuu ampuuuuun! Iiiiiiiih.... sialan jadi kepikiran... emosi neh...huh tenang.... tarik napas.... fuuuuuh.... anjriiiiit si danny wahlberg ngangkat kursi dari kolong selangkangannya aaaaaaaaah....



Uda deh. Berikut 15 lagu slow rock koleksi kesenian masa SMP gw.. hah... hah...hah.... ambil napaaaaas.... iiiih lihat... lihat deh...si jonathan senyum manis gitu pas ending klipnya. Tidaaaaaaaaaaaaaaaak!



One, Metallica. Wah Mas Hammett emang bener-bener galak. Gw kenal album ini dari anak kelas tiga yang tiba-tiba mamerin ...And Justice For All pas latihan bulu tangkis. Namanya Teddy. Ih gw masi inget. Hebat hehehe.

Patience, Guns N’ Roses. Lagu ini ada di dalam satu-satunya kaset di mobil temen gw. Jadi ke mana-mana pasti yang kita puter cuma kaset ini. Sisi beeeeee terus. Soalnya lagunya gak bikin pusing, kata Yan si empunya mobil. Ya udah daripada diturunin di jalan... ya manut aja.


18 n Life, lagu Skid Row yang jadi andelan pas begadang di sekolah menjelang pensi. Ah ada I Remember You pula.... ahhh. Masa-masa itu.... mengingatkanku padanya.... Pak Martono si guru Fisika

Save Our Love, ini lagunya Mas Yngwie Malmsteen yang ngetop banget waktu itu. Masuk ke kaset gw yang bergenre slow rock.

Everything About You, Ugly Kid Joe. Wah pada ke mana ya orang-orang ini?

Tears of the Dragon, Bruce Dickinson. Pak Bruce ini mantan vokalisnya Iron Maiden (eh dia juga mantan vokalis Samson lhooo). Dulu sih yg gw denger adalah versi biasa. Itu pun ngerekam dari radio. Setelah berkali-kali dinodai suara penyiar, akhirnya gw punya Tears of the Dragon penyiar free. Btw versi ini kayaknya lebih bagus. Silakan dicek sendiri.



I Love You, Saigon Kick. Ini juga gak kedengeran kabarnya.

More Than Word Can Say, Alias, resenya sekarang ada boyband yang nyanyiin lagu ini.

Mmm Mmm Mmm, Crash Test Dummies. Suaranya ngebas banget yak. Sayang gak perna kedengeran lagi.

No Rain, Blind Melon. Kasian Mas Shannon. Padahal gw suka suaranya pas nemenin Axl nyanyi Don’t Cry.

Cryin’, Aerosmith. Ahhh harmonika. Alasan kenapa gw beli harmonika hehehe.

Terlalu Manis (versi suka-suka), Slank. Ah karya anak negeri. Keren euy.



3 comments:

pippilotta said...

JOSE MARI CHAN!

pippilotta said...

Beautiful girl where ever you are
I knew when I saw you,
you had opened the door.
I knew that I'd love again.
After a long, long while,
I'd love again

You said "hello"
And I turned to gold.
Something in your eyes
Left my heart beating so
I knew that I'd love again
After a long, long while.
I'd love again

It was destiny's game
For when love finally came
I rushed in line
Only to find
That you were gone

Wherever you are,
I fear that I might
Have lost you forever
Like a song in the night
Now that I've loved again
After a long, long while
I've loved again.

Unknown said...

iyaaaaaaaaaa, jose dan mari chan! ih hebat