Blog

Catatan ke Pulau Pramuka

Perjalanan ke Pulau Pramuka adalah perjalanan murah meriah. Banyak informasi yang dapat Anda temukan di Internet mengenai perjalanan tersebut. Mulai rute perjalanan yang cukup mahal (lewat Marina, Ancol), hingga rute murah meriah ala backpacker via Muara Angke.
















Salah satu yang saya rekomendasikan adalah blog salah seorang backpacker yakni http://artson.blogspot.com/2005/06/pulau-pramuka-review.html. Di blog tersebut Anda dapat memperoleh informasi tentang objek wisata di Pulau Pramuka dan pulau-pulau sekitarnya. Selain itu, di blog tersebut Anda juga bakal mengetahui rute perjalanan termurah sampai di Pulau Pramuka dan kembali ke Jakarta dengan selamat tanpa kurang suatu apa. Catatan ini adalah pelengkap dan sekadar pembaruan informasi. Informasi dalam catatan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jadi, perhatikan tanggal pembuatan catatan ini.

1. Menuju Pulau Pramuka
Salah satu akses termudah dan termurah menuju Pulau Pramuka adalah lewat pelabuhan di Muara Angke. Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan angkutan umum yakni angkot 01 (warna merah) yang sudah ada di Terminal Grogol sejak pukul 5.00 pagi. Ongkos naik angkot menuju Muara Angke adalah Rp 3 ribu per orang. Bila Anda datang beramai-ramai (12 orang), sopir angkot bisa saja mengubah rute perjalananya langsung menuju pelabuhan tanpa melewati trayek aslinya dengan harga Rp 36 ribu. Perjalanan itu menghabiskan waktu 15-20 menit, tanpa macet.

Sesampai di Muara Angke anda akan menemukan perahu kayu berukuran sedang dengan trayek yang terpampang jelas di haluan kapal (seperti angkot atau mikrolet). Langsung saja masuk dan mencari tempat karena perahu itu kemungkinan akan penuh dengan penumpang, khususnya pada akhir pekan. Ingat bukan hanya rombongan Anda sendiri yang berencana berlibur ke Pulau Pramuka pada akhir pekan. Akan tetapi bila Anda berharap dapat merekam perjalanan itu dengan kamera foto dan tidak gampang masuk angin, tempat yang pas buat Anda tentu saja di atap perahu.


Perahu tersebut akan berangkat sekitar pukul 7.00 pagi. Setiap penumpang dimintai ongkos Rp 25 ribu untuk perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam.

2. Menginap di Pulau Pramuka
Ada banyak pilihan untuk menginap di Pulau Pramuka. Mulai yang berharga Rp 250 ribu sampai yang bertarif lebih dari Rp 400 ribu. Namun bila Anda mencari penginapan murah meriah, bawalah sleeping bag dan hubungi Pak Satiwi (no hp japri). Bila Anda datang dengan rombongan (belasan atau puluhan orang), cobalah untuk menghubungi beliau sebulan sebelumnya. Beliau juga bisa membantu mencarikan katering seharga Rp 35 ribu per orang untuk tiga kali makan. Namun, jangan takut kesulitan mencari makanan karena di Pulau Pramuka terdapat banyak warung makanan dengan harga sama seperti warung tenda yang ada di Jakarta.

3. Tamasya ke Luar Pulau
Pilihannya adalah menggunakan ojek perahu yang bertrayek ke pulau-pulau berpenduduk di sekitar Pulau Pramuka. Namun menyewa perahu untuk berkeliling bisa menjadi alternatif yang praktis bila Anda datang bersama rombongan. Perahu berkapasitas sekitar 15 orang itu bisa disewa untuk berjalan-jalan ke 2 atau 3 pulau dengan tarif sewa Rp 250 ribu. 3 pulau tujuan terdekat dan terfavorit adalah Pulau Aer, Pulau Semakdaun, dan Pulau Gosong.

4. Kembali ke Jakarta
Bila Anda ingin menggunakan perahu yang sama seperti ketika berangkat untuk tujuan pulang. Maka dua hal yang perlu Anda ketahui adalah perahu menuju Muara Angke berangkat sekitar pukul 13.00. Datanglah lebih awal agar Anda dapat memilih tempat duduk di dalam kabin dan jauh dari sengatan matahari.

Selamat menikmati liburan murah meriah di Pulau Pramuka.

1 comment:

Anonymous said...

mo tnya donk.. no hp pak jepri.. atau yg bisa di hub.. rencananya saya mo kesana buat trip sekitar 80-100 orang.. bisa tidak ya?