Blog











Kepikiran Ganesha dan logo baru ITB, saya juga jadi kepikiran lambang UI. Semua orang tahu Makara itu adalah perlambang pohon pengetahuan yang selalu mekar sebagaimana ilmu pengetahuan yang akan selalu berkembang menjadi cabang ilmu baru... halah.

Tapi coba deh kalau lagi enggak ada kerjaan, silakan mampir ke kampus Depok, lalu duduklah di halte dalam kampus barang 30 menit. Perhatikan si Makara yang menempel di badan setiap bus kuning yang selalu lalu lalang di situ. Entah kenapa, kok bukan pohon pengetahuan yang saya lihat. Kok malah mirip burung merak he-he-he. Coba deh lihat.

Mungkin ada baiknya juga apabila UI juga membuat logo alternatif yang bisa diaplikasikan, misalnya di badan bus, signage dalam kampus, atau hal-hal lain yang tidak terlalu butuh lambang serumit Makara tapi perlu dibubuhi identitas UI. Lagipula kalau logo itu benar dibuat, setidaknya kan UI punya logo yang dibuat oleh komunitasnya sendiri. Mosok masih pakai lambang bikinan mahasiswa angkatan 1951 Jurusan Seni Rupa Fakulteit Teknik Universiteit Indonesia, Bandung.

Lho, itu kan ITB ha-ha-ha.

No comments: