Blog

14 Tahun Musik Ferdy

Ingat musik semasa duduk di bangku sekolah menengah pertama, membuat saya teringat pula kepada seorang teman satu sekolah. Ferdy namanya. Kenal secara tidak sengaja, Ferdy akhirnya jadi teman akrab karena ternyata dia juga mengoleksi kaset Guns N’ Roses. Ferdy jatuh cinta dengan Izzy Stradlin ketika anak-anak lain seusia kami mengidolakan Axl yang beringas dan Slash yang cool. Suatu hari dia cerita Izzy itu teman dekat Axl. Sama-sama dari Lafayette, Indiana, dan punya nama asli Jeff Isbell. Saking cintanya Ferdy punya macam-macam syal seperti yang biasa dipakai Izzy. Kadang-kadang dia juga muncul dengan kemeja putih lengan panjang dan jeans hitam ketat. Ferdylah yang paling kecewa ketika akhirnya Izzy memutuskan keluar dari GN’R dan mendirikan Izzy and the Ju Ju Hounds. Satu album, lalu selesai.

Tapi Ferdy tidak sekadar GN’R. Saya ingat suatu ketika main ke rumahnya, Ferdy sedang khusyuk mendengarkan musik yang dimainkan orang-orang tua. Orang-orang tua itu bikin saya takjub. Pemimpin gang orang tua itu, Pak Knopfler, lengkapnya Mark Knopfler, bikin intro keren buat satu lagu yang diciptakannya bersama Sting. Money for Nothing. Sejak hari itu kita sibuk berburu Dire Straits, nama band orang-orang tua itu. Ada Sultans of Swing, Your Latest Trick, sampai Tunnel of Love yang benar-benar cantik. Tapi saya tidak pernah menang. Setidaknya kalah satu poin karena akhirnya Ferdy sudah menemukan dobel album Alchemy Dire Straits.

Dari Dire Straits, Ferdy mengenalkan Sting, The Police, hingga The Rippingstons. Dia pernah bilang, dia susah tidur kalau tidak memutar album Rippingstons. Sayang saya tidak terlalu tertarik untuk mengoleksi. Tapi belakangan, setelah SMA saya kembali dikenalkan dengan Rippingstons oleh seorang sepupu yang terlalu cinta dengan Spyro Gyra, GRP, dan musik-musik sejenis. Saat itu saya teringat Ferdy. Kami saat itu harusnya sering bertemu karena sama-sama di Bandung. Tapi hingga akhirnya saya terdampar di Jakarta, Ferdy masih belum ditemukan.

Ada yang pernah kenal Ferdy, Tri Damayanto, dulu anak SMA 5?
Kalau iya, tolong bilang Ferdy, South Beach Mambo dan Caribbean Breeze Rippingstons memang oke.
Tapi 14 Years Izzy masih jauh... jauh lebih galak.

1 comment:

Unknown said...

Kabari saya kalau ada info...ferdi ini tetangga waktu di kebun sirih palembang....ini no hp saya 085383630808